Vitamin untuk Kulit Berjerawat

Kulit adalah organ tubuh terbesar yang terbuat dari jaringan hidup yang membutuhkan nutrisi yang sama seperti organ tubuh lainnya. Jika kulit Anda berjerawat, hal pertama yang harus dilakukan adalah untuk menempatkan kembali nutrisi yang diperlukan oleh kulit Anda yang mana caranya adalah dengan memakan makanan sehat. Makan makanan bervitamin adalah salah satunya. Dalam artikel ini akan dibahas tentang macam-macam vitamin untuk kulit berjerawat.

Jerawat adalah penyakit kulit. Penyakit ini berpengaruh pada pori-pori kecil di lengan, punggung, wajah, dan dada. Beberapa bentuk jerawat yang disebabkan oleh kekurangan vitamin. Kemungkinan ada kekurangan vitamin A yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering atau mungkin kekurangan vitamin B.

Paling signifikan, jerawat mempengaruhi kelenjar minyak yang melekat pada lengan, punggung, wajah, dan dada karena folikel rambut di daerah-daerah yang memiliki pori-pori tersumbat.

Berikut adalah beberapa vitamin untuk kulit berjerawat:

  1. Vitamin A: mencegah jerawat dengan meminimalkan sumbatan pori-pori, mengurangi produksi sebum dan mengangkat sel kulit mati. Sementara pada saat yang sama menguatkan jaringan pelindung kulit Anda. Makanan yang mengandung vitamin A adalah lobak, ubi jalar, bayam, hati sapi, dan wortel.
  2. Vitamin B. Stres dapat menyebabkan atau memperburuk jerawat. Dengan mengkonsumsi vitamin B dapat membantu mengurangi stres. Hal ini juga membantu Anda menjaga warna kulit dan meminimalikan peradangan kulit. Makanan yang mendandung vitamin B adalah alpukat, pisang, ayam kalkun, gandum, ikan tuna, dan hati.
  3. Vitamin C. Menyembuhkan jerawat akan lebih cepat ketika kulit Anda sehat. Vitamin C mengandung antioksidan yang mendukung untuk kesehatan kulit. Makanan yang mengandung vitamin C antara lain brokoli, tomat, paprika, kiwi, dan buah beri.
  4. Vitamin E. Meningkatkan penyembuhan jerawat dan perbaikan jaringan kulit setelah jerawat sembuh. Makanan yang mengandung vitamin E antara lain alpukat, sayuran hijau, minyak sayur, dan kacang-kacangan.

Jerawat dapat diobati dengan mencuci wajah menggunakan cairan pencuci atau krim, namun lebih baik menggunakan cara alami dengan mengkonsumsi makanan ber-vitamin untuk kulit berjerawat agar kulit tetap sehat.