Pengertian Senam Yoga

Yoga adalah salah satu dari enam ajaran filsafat Hindu mengenai aktivitas meditasi di mana seseorang memusatkan pikiran untuk mengendalikan panca indera dan tubuhnya secara keseluruhan, dengan tujuan untuk mencapai penyatuan dengan Sang Pencipta. Terdapat sembilan aliran yoga yang disesuaikan dengan kebutuhan para siswa yoga, yaitu Jnana Yoga, Karma Yoga, Bhakti Yoga, Yantra Yoga, Tantra Yoga, Mantra Yoga, Kundalini Yoga, Hatha Yoga, dan Raja Yoga. Yoga telah dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun, dan selain digunakan untuk kepentingan spiritual, yoga dimanfaatkan juga sebagai salah satu pengobatan alternatif.

Sedangkan pengertian senam yoga adalah aktivitas penguasaan tubuh dan napas yang didasarkan pada teknik yang dilakukan oleh berbagai aliran yoga. Teknik-teknik tersebut diantaranya adalah teknik asana (postur), pranayama (olah napas), bandha (kuncian), mudra (gerak tubuh), dan relaksasi yang mendalam. Masing-masing aliran yoga memiliki ciri tekniknya; misalnya Hatha Yoga memiliki teknik gerakan yang kalem, atau Ashtanga Yoga yang memiliki teknik gerakan yang sangat elastis. Bagi para pemula, disarankan untuk melakukan senam yoga yang berbasis pada teknik Hatha Yoga. Sedangkan bagi mereka yang telah terbiasa dengan beberapa gerakan dasar senam yoga, bisa melakukan senam yoga dengan teknik Ashtanga.

Gerakan dalam senam yoga sangat bervariasi, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Oleh karena itu, pengertian senam yoga juga termasuk melakukan teknik yoga dengan prinsip sweet discomfort, di mana seorang pelaku yoga sebaiknya tidak memaksakan suatu gerakan di luar kemampuan dan kebutuhannya. Agar senam yoga dapat dilakukan dengan benar, bagi pelaku pemula sebaiknya dibimbing oleh yogi atau guru yoga, yang akan memberikan bimbingan saat melakukan senam yoga dan bermeditasi, sekaligus memberi pengetahuan tentang gaya hidup sehat.

Setelah memahami pengertian senam yoga,  maka sudah sepatutnya kita memahami manfaat dari senam yoga. Manfaat senam yoga di antaranya adalah membakar kalori, meningkatkan sirkulasi darah, membentuk otot yang lentur dan kuat, serta membentuk postur tubuh yang lebih tegap. Selain itu, senam yoga juga dapat mengurangi ketegangan tubuh dan menurunkan hormon stres, yang berdampak pada perbaikan kesehatan mental.