Panduan Pencampuran Jus Buah dan Sayuran


Memahami cara mengkombinasikan berbagai jenis jus bisa meningkatkan keberhasilan dalam membuat jus segar yang lebih mudah dicerna. Ada metode untuk memilih jus yang tepat untuk dikombinasikan, sesuai dengan kecocokannya. Ketika mengonsumsi jus atau makanan akan mengalami banyak perubahan dan diuraikan menjadi nutrisi, kemudian diserap tubuh. Faktor penting dari sekresi pencernaan adalah tubuh akan menyesuaikan cairan dan enzim dengan karakter makanan yang dimakan dan jus dikonsumsi. Mengkombinasikan jus dengan tidak tepat, menyebabkan gangguan pencernaan. Jus buah dikategorikan berdasarkan jenis buah, ada empat kategori

  1. Buah manis : pisang. Pisang yang cukup matang untuk makan cirri-cirinya memiliki bintik-bintik cokelat.
  2. Buah asam : seperti jeruk, nanas, jeruk bali, lemon.
  3. Buah asam sedang : anggur, apel, pir, peach, nectarine, atau buah jenis berdaging.
  4. Buah berair : melon.

Berikut beberapa kombinasi yang disarankan:

  1. Jus buah-buahan manis dapat dicampur dengan jus buah asam sedang
  2. Jus buah asam sedang, dapat dicampur dengan buah manis atau jus buah asam
  3. Jus buah asam dapat dicampur dengan jus buah asam sedang
  4. Jus buah-buahan sayuran dapat digabung dengan buah asam atau sayuran berdaun hijau
  5. Jus sayuran berdaun hijau dapat dicampur dengan buah atau sayuran akar

Tips Nutrisi Sehat : Cara Mempersiapkan Jus Segar untuk Kesehatan dan Kenikmatan Maksimum

Membuat jus segar setiap hari adalah salah satu rutinitas terbaik yang dapat dilakukan. Selain  lezat, bergizi juga menyehatkan.
Berikut beberapa panduan untuk mulai :

  • Minumlah mengikuti spektrum pelangi. Artinya, mengkonsumsi selebar spektrum warna buah-buahan, dan sayuran. Setiap pigmen tanaman mengandung nilai gizi khusus: klorofil, karoten, flavonoid, dengan begitu akan mendapatkan gizi yang tinggi.
  • Biarkan selera menjadi panduan dalam mengembangkan kreasi. Misalnya, ketika menyiapkan jus daunan hijau, seperti kangkung, peterseli, bayam, collard hijau akan mendapatkan kombinasi yang tidak begitu lezat untuk minum. Untuk membuatnya lebih enak, campurkan dengan buah untuk memberi rasa manis, seperti apel, wortel, atau anggur.
  • Ada yang melarang mencampurkan buah dan sayuran bersamaan. Jangan takut untuk membuat campuran tersebut, kecuali jika itu benar-benar mengganggu selera, dalam hal ini direkomendasikan hanya untuk memperkenalkannya secara perlahan ke dalam diet, untuk membiarkan tubuh terbiasa untuk hal ini.
  • Minumlah sesegera mungkin. Akan memberikan nilai gizi yang terbaik. Jus segar tidak boleh disimpan lebih dari 12 jam.

Resep Jus Buah dan Sayur Segar Buatan Sendiri

Di rumah juga dapat menikmati manfaat jus buah atau minum sayuran bergizi, berikut beberapa resepnya, seperti :

  •  Campuran 8 buah Wortel, 3 buah Apple, dan seruas Jahe  akan memberikan dorongan energi pagi.
  • Jus Hijau Daun – Memelihara dan memberi energi tubuh. Rasanya tropical dingin, menyegarkan, kaya vitamin C, terdiri dari :

5 lembar daun Selada
1 batang Seledri
1 genggam Peterseli
2 genggam Bayam
2 buah Apel (untuk rasa manis)

Jus Buah dan Sayuran ala Rumahan yang Kaya Serat

Serat ditemukan dalam semua makanan nabati dan sangat penting untuk menjaga proses pencernaan yang sehat.Ada dua jenis serat :

  1. Larut dalam air, ditemukan dalam kacang-kacangan, gandum, dan beberapa buah-buahan dan sayuran. Fungsinya membantu proses pencernaan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan menurunkan kolesterol dan membatasi penyerapan gula.
  2. Tidak larut dalam air, terdapat dalam kulit gandum dan beberapa buah-buahan dan sayuran. Berfungsi sebagai pencahar alami.

Beberapa tanaman mengandung serat, baik larut dan tidak larut, seperti plum adalah contoh yang bagus dari buah yang sangat baik untuk jus. Kulit plum mengandung jenis serat tidak larut, sementara dagingnya berair dan mengandung komponen serat larut.
Serat larut air ditemukan dalam semua makanan nabati, termasuk :

  • Buah : plum, berries, pisang, apel dan pir
  • Kacang polong, kedelai, dan kacang-kacangan lainnya
  • Sayuran seperti brokoli dan wortel

Semoga artikel ini bisa menjadi panduan untuk bereksperimen dalam mengolah sendiri minuman kesehatan, pencampuran buah dan sayur, selamat mencoba.