Manfaat Jus Jambu Merah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah-buahan dan sayur-sayuran yang terdapat disekitar, memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk membantu dan memperlancar berbagai proses biokimia dalam tubuh. Sebagaimana diketahui berbagai proses biokimia dalam tubuh selalu melibatkan kinerja hormon dan enzym yang ditopang dengan asupan vitamin dan mineral serta asupan nutrisi lain. Kinerja berbagai macam hormon dan enzym akan mengalami gangguan apabila asupan vitamin dan mineral yang bermanfaat sebagai katalisator tersebut terganggu asupannya. Salah satu jenis buah yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh adalah jambu merah. Jambu merah bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat jus. Apa saja jenis dan macam manfaat jus jambu merah bagi kesehatan tubuh?

Jenis dan macam

Berikut ini beberapa jenis dan macam manfaat jus jambu merah yang diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Trombosit. Jambu merah dipercaya dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah karena kandungan mineral tembaga yang relatif besar, sehingga sering digunakan dalam pengobatan penyakit demam berdarah.
  • Likopen. Selain berguna untuk mencerahkan warna kulit, kadar likopen dalam jambu merah juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem immun tubuh terhadap serangan penyakit. Likopen merupakan salah satu jenis senyawa fitokimia atau fitonutrien yang bersifat antioksidan serta berguna untuk menangkal efek negatif radikal bebas hasil oksidasi makanan atau minuman yang berasal dari oksigen singlet (singlet oxygen quenching) dan oksidator lain.
  • Vitamin C. Kandungan vitamin C pada jambu merah relatif lebih tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Vitamin C juga merupakan salah satu jenis antioksidan yang berguna untuk meningkatkan sistem immun tubuh. Vitamin C juga berguna untuk melenturkan jaringan kulit sekaligus mencerahkannya, sehingga kulit akan senantiasa elastis dan bercahaya.
  • Serat. Salah satu manfaat jus jambu merah yang lainnya adalah sumber serat. Sumber serat yang dikandungnya mampu memperlancar proses pencernaan dan mampu melindungi membran mukosa usus dari inflamasi atau peradangan. Serat pektin yang terkandung dalam jambu merah mempunyai manfaat dalam menurunkan tingkat kolesterol serta menurunkan tekanan darah penderita hipertensi.
  • Desinfektan. Jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba atau bakteri.
  • Nutrisi otak dan syaraf. Kandungan Vitamin B3 dan B6 dalam jambu merah atau dikenal juga dengan niasin dan pyridoxine merupakan senyawa yang bermanfaat untuk menutrisi jaringan otak dan syaraf.

Manfaat jus jambu merah yang lain adalah antiinflamasi atau anti peradangan. Kandungan lutein dan cryptoxanthin pada jambu merah mampu mencegah terjadinya radang pada organ pencernaan, gusi serta saluran pencernaan lain, sehingga perdarahan yang kerap menyertai radang bisa dihindari. Perbanyak konsumsi buah dan sayur harian agar kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat