Makanan Sehat untuk Wanita Menopause

 

Di saat memasuki usia setengah baya, menginginkan proses penuaan dini pada tubuh melambat. Perubahan hidup yang dialami seorang wanita menopause, mengharuskan untuk mendapatkan makanan yang tepat, seorang wanita akan mencari makanan yang lebih baik untuk menopause agar mendapatkan kembali kesehatannya. Apa makanan yang baik untuk masa menopause?

Makanan yang sehat adalah hal yang paling prioritas, artinya wanita menopause perlu menghilangkan makanan buruk dari pola makan sehari-hari. Makanan yang buruk termasuk gula pasir, makanan olahan dan produk makanan dari tepung terigu, serta kafein yang berlebihan. Diet kaya protein, rendah lemak dan mengkonsumsi  vitamin dan mineral seimbang sangat baik untuk diet menopause.

Jika ikan tidak memuaskan bagi pemenuhan gizi menopause, dianjurkan menambahkan suplemen Omega 3. Hal yang sama berlaku untuk makanan lainnya, yang diperlukan, seperti kedelai dan kalsium.

Pedoman Makanan Sehat Bagi Diet Menopause

Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi secara umum adalah makanan “kaya gizi”, dan ini berlaku bagi seluruh fase kehidupan, terutama wanita. Produk makanan yang disarankan bagi wanita menopause tidak berbeda dari produk-produk makanan yang setiap orang harus mengkonsumsinya, dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan kalori sehari-hari, secara konsisten.

Mendapatkan makanan sehat kaya nutrisi dibandingkan kalori, seperti vitamin, mineral dan senyawa lain yang sangat penting untuk wanita selama periode kehidupan mereka. Vitamin A, C, D, E, K, B-kompleks, seng, fosfor, mangan, magnesium, zat besi, kalium, serat, isoflavon serta phytoestrogen sangat cocok untuk pola makan sehat bagi wanita menopause.

Makanan berkalsium tinggi, termasuk produk susu, yoghurt alami, sayuran berdaun hijau, termasuk daun teh hijau, brokoli dan aneka jenis makanan laut. Makanan yang mengandung phytoestrogen juga baik, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, biji rami, seed oils, rumput laut, serta kedelai. Kedelai merupakan sumber protein rendah lemak dan zat besi.

Golongan Makanan Super  untuk Menopause

Menambahkan makanan super seperti yang  tercantum di bawah ini dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan menopause. Beberapa makanan super meliputi tahu, kacang merah, yoghurt, blueberry, dan alpukat. Makanan ini dapat membantu menjaga daya ingat, mencegah osteoporosis, dan melawan tanda-tanda penuaan. Makanan-makanan super ini juga lezat untuk dikonsumsi, mudah untuk mempersiapkannya, dan sangat baik untuk kesehatan.

  1. Tahu, merupakan sumber pengganti daging dan protein. Sama halnya dengan produk kedelai lainnya, dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Tahu juga dapat mengurangi efek samping yang disebabkan oleh menopause.
  2. Kacang Merah, dan kacang-kacangan lainnya mengandung serat tinggi yang dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker. Dalam hal ini, wanita membutuhkan 30 gram serat setiap hari.
  3. Yogurt, dikemas dengan kandungan tinggi kalsium, dapat membantu mencegah osteoporosis. Yogurt juga mengandung protein, yang dapat membantu tubuh untuk menjaga massa otot dan melawan rasa lelah
  4. Blueberry, penelitian terbaru menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu memulihkan rasa lupa, dalam jangka pendek, karena antioksidan yang terkandung di dalamnya
  5. Alpukat, mengandung antioksidan, seperti vitamin E, yang dapat melindungi  penglihatan dan kulit. Sejalan dengan usia, radikal bebas merusak sel-sel tubuh. Antioksidan dapat membantu melawan kerusakan ini. Alpukat mengandung lemak tinggi, hal ini mungkin terdengar buruk, namun lemak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang merupakan lemak sehat. Lemak ini terbukti dapat memperbaiki rambut dan kulit.

Secara keseluruhan, menambahkan makanan super ini  dalam menu makanan,akan sangat membantu. Mengubah gaya hidup dengan menyertakan olahraga, banyak minum air putih, dan makanan yang kaya nutrisi akan membantu meringankan gejala-gejala menopause.