Langsing Dengan Bersepeda

Untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal, mau tidak mau harus dilakukan tindakan untuk mengurangi jumlah kandungan dan timbunan lemak dalam tubuh. Terdapat berbagai macam cara untuk membuang atau menyingkirkan timbunan lemak tubuh, baik dengan cara sedot lemak ataupun olahraga. Olahraga dapat dilakukan untuk membuang timbunan lemak dalam tubuh dengan cara membakar timbunan lemak tersebut dengan proses oksidasi agar menghasilkan tenaga dan pada akhirnya tubuh akan menjadi lebih langsing. Salah satu cara efektif membakar lemak tubuh adalah olahraga bersepeda. Apa saja manfaat dan keuntungan membuat tubuh menjadi lebih langsing dengan bersepeda?

Manfaat olahraga bersepeda

Selain berguna untuk membakar timbunan lemak dan kalori tubuh, ternyata aktifitas bersepeda juga memiliki manfaat lain. Apa saja sich manfaat lainnya yang dapat diperoleh dengan bersepeda? Berikut akan disampaikan beberapa manfaat lain langsing dengan bersepeda sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Membentuk otot paha. Aktifitas mengayuh sepeda ternyata juga dapat digunakan untuk membentuk otot paha. Jika ingin memperoleh hasil yang maksimal dapat juga dilakukan dengan cara menambah beban kayuh dengan mengganti atau merubah posisi gear sepeda.
  • Membentuk betis. Selain berguna untuk membentuk otot paha, mengayuh sepeda juga dapat digunakan untuk melatih otot betis atau otot quadriceps. Pembentukan otot quadriceps akan berbanding lurus dengan pembentuka otot paha.
  • Membentuk bokong. Secara umum, gerakan olahraga dengan posisi tubuh sedikit membungkuk dan menekuk lutut digunakan untuk melatih otot anggota gerak bagian bawah dan jaringan otot penyangganya seperti otot paha, otot betis, tumit dan juga otot paha atau bokong.
  • Melancarkan peredaran darah. Aktifitas bersepeda yang merupakan salah satu bagian olah tubuh juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga asupan oksigen yang berguna untuk proses pembakaran lemak atau oksidasi akan makin optimal.
  • Mempercepat metabolisme. Makin lancarnya asupan oksigen ke seluruh jaringan tubuh secara tidak langsung juga bermanfaat untuk mempercepat sistem metabolisme tubuh, sehingga makin banyak timbunan lemak dan gula yang dapat dibakar.

Selain memiliki segudang manfaat lain yang berguna bagi kesehatan, ternyata membuat tubuh menjadi lebih langsing dengan bersepeda juga memiliki berbagai keuntungan dibandingkan penggunaan treadmill sebagai salah satu alat atau media pembakar lemak. Apa saja keuntungannya?

Keuntungan olahraga bersepeda

Berikut ini akan disampaikan beberapa keuntungan olahraga bersepeda untuk pelangsingan tubuh sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Efektif. Olahraga bersepeda ternyata cukup efektif digunakan untuk membakar lemak tubuh. Jumlah kalori yang dibakar ketika melakukan olahraga bersepeda selama 30 menit hampir setara dengan melakukan olahraga jogging selama 20 menit. Pembakaran jumlah kalori ini tentu saja juga mempertimbangkan beban kayuhan sepeda dan medan yang ditempuh.
  • Penyaluran hobi dan bakat. Selain menyehatkan, olahraga bersepeda juga merupakan salah satu aktifitas yang digunakan untuk menyalurkan hobi bertualang. Dengan bersepeda menempuh perjalanan menuju tempat-tempat yang menarik secara tidak langsung dapat bermanfaat untuk menyalurkan hobi dan kesenangan.
  • Rekreasi. Touring bersama sesama anggota komunitas bersepeda menuju suatu tempat wisata bersama-sama juga dapat digunakan sebagai sarana rekreasi. Selain bermanfaat membakar lemak dan melangsingkan tubuh, touring bersama juga merupakan salah satu sarana refreshing atau penyegaran pikiran dan otak.
  • Mengurangi polusi. Selain menyehatkan dan berguna untuk membakar timbunan lemak tubuh, olahraga bersepeda juga dapat mengurangi polusi udara yang dipicu oleh penggunaan bahan bakar fosil seperti bensin dan solar. Polusi udara yang berkurang kadar dan jumlahnya secara tidak langsung juga menciptakan lingkungan yang sehat.

Demikianlah beberapa manfaat dan keuntungan membuat tubuh menjadi lebih langsing dengan bersepeda. Semoga bermanfaat.