Gerakan Yoga untuk Menurunkan Berat Badan

Diet untuk menurunkan berat badan sudah umum. Tapi, bagaimana dengan yoga? Ternyata beberapa gerakan yoga dapat merangsang sistem kerja tubuh bagian dalam sehingga sirkulasi dalam tubuh bekerja baik, dan akhirnya berat badan turun dengan cara yang sehat. Berikut gerakan yoga untuk menurunkan berat badan.

Cobra pose merupakan salah satu gerakan yoga untuk menurunkan berat badan. Gerakan ini merangsang kerja hati yang berperan sebagai pembersih racun dalam tubuh. Hati juga dapat memproses lemak dalam tubuh sehingga lemak yang jahat dibuang sedangkan lemak yang baik disimpan dalam tubuh. Untuk melakukan cobra pose ini, pertama berbaringlah terbalik dengan siku ditekuk pada bagian samping tubuh. Jari tangan menghadap ke depan. Perlahan, angkat bahu dan dada dengan menekan telapak tangan. Tahan, lalu kembali ke posisi awal dan ulangi.

Sarvangasana atau yang biasa disebut sebagai gerakan shoulder stand atau posisi lilin merupakan gerakan yang baik untuk kerja metabolisme. Gerakan ini mengaktifkan hormon tiroid yang berperan dalam pembakaran lemak. Untuk melakukannya, berbaringlah, tangan diletakkan di samping tubuh. Kemudian, perlahan angkat kaki ke atas hingga tegak lurus dengan punggung. Setelah itu, perlahan angkat punggung hingga lurus dengan kaki. Tahan sebentar lalu turunkan kaki perlahan sambil mengeluarkan napas melalui hidung.

Gerakan plank merupakan gerakan yang dapat membuat otot aktif. Saat otot aktif, ia akan menggunakan lemak yang ada dalam tubuh sehingga berat badan akan turun. Untuk melakukannya, letakkan kedua telapak tangan lurus pada matras untuk menopang tubuh Anda yang menghadap ke matras. Lalu, luruskan kaki ke belakang sehingga tubuh seperti membentuk posisi tubuh akan push up. Setelah itu, tekan tumit ke belakang (pada dinding bila ada), lalu angkat kepala ke depan sehingga menyerupai garis lurus dari kaki ke kepala.

Gerakan yoga untuk menurunkan berat badan nampak sangat mudah, bukan? Namun, jangan lupa untuk mengetahui panduan dasar untuk setiap gerakan. Maka, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada praktisi yoga untuk memperoleh hasil yang maksimal.