Gerakan Yoga untuk Ibu Hamil

Banyak cara untuk membuat kondisi yang prima bagi ibu hamil. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan yoga. Hanya saja, ada sedikit perbedaan gerakan yoga untuk ibu hamil yang harus diperhatikan dengan saksama. Karena memang ibu hamil adalah dalam kondisi yang berbeda dengan kondisi ibu yang tidak hamil.

Yoga yang dilakukan ibu hamil memang disesuaikan dengan umur kehamilan, yaitu tipa trimester kehamilan. Hal ini untuk mengontrol gerakan yang akan dilakukan agar dapat memberikan efek yang paling baik bagi ibu dan juga janin serta untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.
Jelaslah fungsi yoga bagi ibu hamil dapat membuat keadaan ibu saat melewati kehamilan lebih prima, seperti membantu ibu lebih tenang dan tidak stress. Juga untuk membuat ibu lebih bugar dan kuat. Selain itu juga untuk mempersiapkan keadaan ibu menghadapi proses kelahiran. Juga untuk melatih pernapasan ibu saat melahirkan.

Berikut adalah beberapa gerakan yoga untuk ibu hamil.

  1. Duduk
    Ibu mengambil posisi duduk sambil bersila. Lalu tangan direntangkan di samping kanan dan kiri tubuh dengan posisi tangan lurus. Lalu kedua tangan diangkat dan dibawa ke bagian atas kepala sampai kedua tangan tersebut bertemu.
    Sambil melakukan gerakan ini, dianjurkan ibu menarik nafas dalam-dalam. Lalu ketika kedua tangan di atas kepala, tangan diturunkan kembali ke posisi semula. Nafaspun dihembuskan seraya tangan sampai kembali di samping badan.
    Gerakan ini untuk membentuk kekuatan pada otot lengan. Selain itu juga untuk melenturkan persendian yang ada di pundak. Juga untuk membuat ibu lebih tenang karena banyak ibu hamil yang sering gelisah bahkan juga mengalami stres.
  2. Merangkak
    Ibu melakukan gerak merangkak sambil membuat gerakan di punggung. Dari gerakan punggung ditarik ke atas dan di kembalikan ke posisi semula sambil menghembuskan napas. Gerakan sederhana ini sangat memberikan banyak manfaat ke ibu hamil. Mulai dari membuat ibu lebih rileks dan tak tegang, memberikan kekuatan pada rahim, membuat lebih ringan apa yang ada di perut, sampai menghilangkan rasa pegal pada tubuh yang serong dirasakan ibu hamil.
  3. Berbaring
    Gerakan berbaring ini dibuat dengan serileks mungkin untuk ibu. Lalu secara perlahan ibu mengangkat panggulnya dari lantai. Kemudian beberapa saat diturunkan kembali ke posisi semula sambil menghembuskan napas. Gerakan ini juga akan membuat ibu lebih tenang dan rileks dan juga mengurangi rasa lelah pada kaki.

Itulah beberapa gerakan yoga untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat!