Dampak Kelebihan Dan Kekurangan Vitamin

Tahukah Anda, apa alasan yang  membuat kita harus memberikan makanan dengan menu seimbang kepada buah hati sejak dini? Alasannya adalah agar anak tidak kekurangan vitamin yang berguna untuk tumbuh kembangnya karena jika kekurangan vitamin, maka metabolisme akan terhambat yang berakibat fatal bagi kesehatannya. Ternyata, alasan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena bukan hanya kekurangan vitamin yang menyebabkan masalah terhadap kesehatan, karena kelebihan vitamin juga mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan seseorang. Jika benar demikian, lalu apa saja dampak kelebihan dan kekurangan vitamin bagi kesehatan?

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat vitamin untuk tubuh, dan juga dampak kelebihan dan kekurangan vitamin bagi kesehatan :

  • Vitamin A ; Vitamin A, memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan, seperti : untuk melindungi mata, membangun sel-sel kulit, menjaga tubuh dari infeksi, membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Sumber-sumber vitamin A bisa kita peroleh dari hewani (ikan, telur, susu, hati dan daging sapi) dan nabati (wortel, labu, bayam, dan lain-lain)Dampak kekurangan vitamin A adalah adanya gangguan pada mata, rentan terhadap penyakit infeksi, masalah pada kulit, dan lain-lain.Sedangkan dampak kelebihan vitamin A adalah menimbulkan keracunan, kerusakan hati, kelelahan, nyeri persendian, kulit kering, dan lain-lain.
  • Vitamin B (B1, B2, B3, B6, dan B12) ; Kelompok vitamin B kompleks memiliki manfaat yang cukup besar untuk metabolisme pembentukan energi yang diperlukan sel-sel otak, misalnya : menjaga kesehatan, mendorong nafsu makan, memproduksi energi, membantu pembentukan antibodi dan saraf, meningkatkan nafsu makan, mencegah anemia, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan lain-lain. Sumber-sumber vitamin B diantaranya : padi-padian, daging, makanan laut, unggas, produk susu, telur, brokoli, kacang-kacangan, produk fermentasi kedelai, dan lain-lain.Dampak kekurangan vitamin B adalah mudah terjangkit penyakit beri-beri, mudah terkena penyakit infeksi, masalah kulit, diare, dermatitis, sariawan, nafsu makan turun, mengganggu system syaraf dan daya ingat, anemia, cepat lelah, hilang nafsu makan, dan lain-lain.Sedangkan dampak kelebihan vitamin B adalah jarang terjadi karena bila kelebihan vitamin ini, maka tubuh akan membuangnya bersama urin. Namun, dampak terburuk dapat mengakibatkan kerusakan saraf (lumpuh, mati rasa, dan lain-lain) dan gagal ginjal.
  • Vitamin C ; Vitamin C ini memiliki manfaat yang cukup besar dalam pembentukan tulang, otot, dan kulit, melindungi tubuh dari radikal bebas, menjaga imunitas tubuh, mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker, dan lain-lain. Sumber makanan yang mengandung Vitamin C diantaranya : buah-buahan (jeruk, jambu biji, tomat, strobery, dan lain-lain), sayuran (kol, asparagus, kentang) dan hewani (susu, ikan, hati)Dampak kekurangan vitamin C adalah masalah pada gigi, gusi, dan gigi, masalah kulit, cepat lelah, sakit kepala, cepat lelah, dan lain-lain.Sedangkan dampak kelebihan vitamin C adalah sakit kepala, diare, gampang lelah, insomnia, sariawan.
  • Vitamin D ; Vitamin D memiliki manfaat yang besar untuk tubuh, diantaranya meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor yang berguna untuk kekuatan tulang dan gigi, mengatur kadar kalsium dalam darah, dan mengatur produksi hormon. Sumber-sumber vitamin D diantaranya : produk susu, minyak ikan, tempe, tahu, telur, sinar matahari pagi.Dampak kekurangan vitamin D adalah masalah pada tulang dan gigi, masalah pertumbuhan.Sedangkan dampak kelebihan vitamin D adalah nyeri tulang, lemah otot, mual, cepat lelah, kehilangan nafsu makan.
  • Vitamin E ; Manfaat dari vitamin E ini adalah untuk kesehatan kulit, melindungi tubuh dari radikal bebas, mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker, menguatkan sel darah merah, dan lain-lain. Sumber vitamin E misalnya : kacang-kacangan, sayur, gandum, ikan, susu dan produk olahannya, alpukat, dan lain-lain.Dampak kekurangan vitamin E adalah merusak imunitas tubuh, memperlambat perkembangan syaraf otot.Sedangkan dampak kelebihan vitamin E adalah hipertensi, lemah otot, mudah terkena resiko perdarahan dalam tubuh

Semoga informasi tentang dampak kelebihan dan kekurangan vitamin di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.